TUGAS STUDI
ISLAM ASIA TENGGARA – TAMADUN MELAYU
Mengapa ‘’SIAT’’ dikatakan sebagai disiplin ilmu yang
relative baru?
SIAT merupakan disiplin ilmu yang relative baru karena
bahasan mata kuliah ini sebelumnya menjadi bagian dari pembahasan Sejarah
Peradaban Islam (SPI). Hanya saja pembahasan mata kuliah SPI selama ini lebih
sering terfokus pada perkembangan islam di Timur Tengah dan sedikit sekali
menyentuh tentang bagaimana perkembangan
dan dinamika islam di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan oleh luasnya wilayah
(space) pembahasan yang mesti dicakup oleh mata kuliah SPI, disamping itu juga
disebabkan oleh panjangnya rentang waktu (temporal) yang menjadi cakupan
pembahasannya. Oleh Karena tu, sangat tidk memungkinkan untuk membahas berbagai
aspek tentang perkembangan dan dinamika islam di Asia Tenggara secara memadai,
bila hanya dibahas dalam muatan mata kuliah (SPI). Sementar perkemangan islam
di Asia Tenggara bukanlah sesuatu yang dapat diabaikan begitu saja. Bahkan sebaliknya,
islam di Asia Tenggara menjadi persoalan yang sangat penting untuk diahas,
mengingat sudah lamanya islam mengakar dalam masyarakat serta besarnya jumlah
penganut islam di kawasan ini.
Jelaskan proses islamisasi secara massif di Asia
Tenggara!
Islamisasi Asia Tenggara umumnya berlangsung secara
damai atau Penetration Pacifique melalui saluran perdagangan dan
asosiasi dengan budaya local serta perkawinan. Ini didukung oleh wilayah yang
strategis dalam perdagangan global sehingga mendukung polarisasi agama. Para
pedagang muslm juga melakukan perkawinan dengan wanita local. Dengan
terbentuknya keluarga muslim ini, maka setelah itu terbentuklah
komunitas-komunitas muslim. Pada akhirnya islam tampil sebagai salah satu agama
terbesar di kawasan Asia Tenggara dan meerupakan agama mayoritas penduduk Asia
Kepulauan. Islamisasi didukung daya tarik kegamaan sehingga slam meluas di
kawasan ini. Islamisasi ditopang pula dengan struktur yang kuat. Perdagngan dan
penguasaan pasar dibarengi dengan pendirian masjid dan pendidikan.
Mengapa Nuansa islam di Malaysia lebih kuat, lebih
terasa dan kentara dari pada di Indonesia?
Karena para pemerintah atau pemimpin Malaysia sangat
mendukung adanya agama islam di negaranya tersebut dan dibuktikan dengan memberikan
banyak tekanan pada simbol-simbol, lembaga, dan pengamalan islam. Kenyataan ini
dapat dilihat terutama sejak kebangkitan islam di Malaysia sejak tahun1970-an
dan mencapai puncaknya ditahun1980-an. Hal ini dapat dibuktikan mulai dari
deklarasi pemerintah untuk merevisi siste hukum nasional agar lebih selaras
dengan hukum islam, deklarasi pemerintah untuk menyusun kembali model dan
sistem ekonomi Malaysia menjadi model islam. Selanjutnya, diikuti oleh
penyediaan infrastruktur dan institusi-institusi islam seperti Bank Islam,
Asuransi Islam, Penggadaian Islam, Yayasan Ekonomi Islam, pementukan kelompok
sumber daya islam serta kelompok khusus penegakkan islam, pembangunan sekolah
guru islam, pengadaan tempat permanen untuk kamp training islam internasional,
dan masih banyak lagi.
Jelaskan¬
a. Konsep Tamadun menurut Syed Naquib Al-Attas
Tamadun ialah pencapaian kehalusan tahap tatasusila
yang tinggi dan kebudayaan yang luhur pada sebuah masyarakat.
b. Bagaimana teori kedatangan islam menurut Crawford
Menurut Crawford islam datang dari arab melalui pedagang. Buktinya catatan china mengatakan orang Arab dan Persia telah mempunyai pusat perniagaan di Canton sejak tahun 300 M. Pedagang arab yang ke China singgah di pelabuhan Asia Tenggara tepatnya di selat malaka karena posisinya yang strategis, dalam jalur perdagangan.
Menurut Crawford islam datang dari arab melalui pedagang. Buktinya catatan china mengatakan orang Arab dan Persia telah mempunyai pusat perniagaan di Canton sejak tahun 300 M. Pedagang arab yang ke China singgah di pelabuhan Asia Tenggara tepatnya di selat malaka karena posisinya yang strategis, dalam jalur perdagangan.
c. Apa saja unsur pembentuk kepribadian Melayu?
Unsur
pembentuk kepribadian orang Melayu itu terbagi menjadi dua, yaitu factor
internal dan eksternal. Factor internalnya adalah agama dan factor eksternalnya
adalah kebudayaan. Orang melayu adalah bangsa yang sangt menjunjung tinggi adat
istiadatnya.
Bagaimana tanggapan anda mengenai Pendapat
Van Heenkeren dan A.H John yang sangat sinis mengenai sejarah penulisan melayu?
Sejarah penulisan melayu memang dipandang sebelah mata
oleh orang-orang barat seperti mereka. Sebenarnya karya-karya orang melayu itu
tidak sedikit seperti hikayat, cerita rakyat melayu dan lain-lain. Namun, semua
itu dianggap hanya sebagai mitos oleh orang-orang barat. Mereka sangat sinis
terhadap karya-karya orang melayu karna mereka menganggap bangsa melayu
merupakan bangsa yang terbelakang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar